Pengalaman Mengurus Pengajuan Visa Amerika di Surabaya

112

Visa Amerika merupakan salah satu visa yang paling sulit untuk diajukan oleh para pelancong dari Indonesia, bukan hanya karena persyaratannya lumayan banyak tapi proses interview atau wawancaranya yang menegangkan.

Berikut ini NinjaTopui akan memberikan informasi mengenai bagaimana pengalaman mengurus Visa Amerika dari salah satu pengalaman Sobat Backpacker International yang bernama Mba Anna* (red).

Halo semua para member selamat siang semoga sehat2 semua yaa , disni saya mau berbagi pengalaman dalam pengajuan visa Ds160 alias visa turis Amerika nih.

kalau menurut saya, Negara Amerika merupakan salah satu jenis visa yang paling ribet dan mahal dibanding dengan negara lainnya. Berhubung saya dari luar kota, selain kita harus interview juga dengan banyaknya pertanyaan yang mesti diisi, terkadang karena terlalu tegang otak saya menjadi hang, alhasil seluruh form isian yang sudah diisi tidak di save dan mesti diulang lagi dari awal.

Apalagi ini merupakan pengalaman pertama saya mengajukan visa Amerika, berbekal tanya di google dan member grup GTJAPAN bersyukur semua lancar tanpa hambatan yang berarti.

Bagi kalian yang belum tau mengenai visa DS160 bisa cek informasinya disini.

Persiapan :

  • KTP
  • Kartu Keluarga
  • Buku Nikah
  • Akte Anak
  • Foto 5×5
  • Passport
  • DS160
  • Jadwal Wawancara
  • Konfirmasi Pembayaran Lewat Bank CIMB Niaga

Jadi nih ya guys, sebelum kita melakukan wawancara, terlebih dahulu kita mengajukan visa online dan mendaftar via online di situs pengajuan Visa turis Amerika disini : Daftar Pengajuan Visa Amerka

Proses pertama setelah di isi via online langsung di print semua dan tentukan jadwal wawancaranya, kebetulan saya saat ini wawancara di Surabaya. Terdapat dua lokasi untuk melakukan wawancara yaitu Surabaya dan Jakarta.

Saya saat itu dapat jadwal jam 8 pagi tapi saya datang lebih awal yaitu jam 7 jadi saya mendapatkan nomer antrian 2 dari 3 peserta, tapi setelah itu banyak juga yang mengurus visa. Karena jam 7 sudah buka, jadi tidak perlu mengantri lama lagi.

Setelah itu aku dikasih nomer antrian dan masuk ke sebuah ruangan, duduklah disana menunggu staff menyiapkan berbagai hal. Karena masih sangat pagi dan baru buka jadi mereka belum siap 100%.

Dan tibalah saat interview, no antrian pertama dipanggil si om tajir, pengusaha oleh oleh bali tidak sampai 5 menit kemudian giliran aku di nomer antrian 2.

Oh iya, walaupun mengajukan visa amerika tapi untuk interview nya menggunakan bahasa Indonesia, saat interview aku ditanyakan tujuan ke USA ngapain? kemana aja? sama siapa aja? Berapa lama di USA? apa ada saudara di USA? Dan pada akhirnya selamat, Visa aku disetujui.

Sebagai catatan : untuk pengahuan Visa ini Foto Visa harus terbaru karena saat itu saya menggunakan foto lama lebih dari 1 tahun, alhasil saya disuruh foto ulang dan dikirimkan ke RPX Jemur Sari, Surabaya. Visa akan diproses setelah foto sampai di kedutaan, jadi kalau foto cepat dikirim visa akan cepat selesai juga.

Karena saya pemohon dari luar kota surabaya makanya saya memilih untuk menginap di dekat kedutaan yaitu penginapan Kana Citra Guest House, cukup dekat dari kedutaan dan murah. Hanya Rp. 250.000 saja dan hanya perlu jalan kaki 10 menit dari hotel ke kedutaan.

Demikian sharing pengalaman saya mengenai cara mengajukan Visa Amerika, semoga bermanfaat.

Leave A Reply

Your email address will not be published.