Tips dan Panduan SEO untuk Pemula

133

SEO adalah singakatan dari Search Engine Optimization merupakan teknik dan panduan untuk mengoptimalkan Mesin Telusur. Tidak hanya untuk Google, tetapi teknik ini juga banyak digunakan untuk memaksimalkan peringkat di search engine lainnya seperti BING, Baidu dan Yandex.

Tetapi karena Google menjadi salah satu mesin pencari yang paling mendominasi di seluruh dunia, maka tidak sedikit orang yang berlomba untuk bisa bersaing di halaman satu google dengan keyword yang diinginkan.

SEO adalah salah satu cara marketing paling efektif yang bisa mendatangkan banyak pengunjung di website yang kamu miliki, berikut ini adalah panduan SEO untuk pemula yang bisa kamu ikuti.

Panduan Lengkap SEO untuk Pemula

niche

1. Menentukan Niche yang kalian inginkan

Niche adalah Jenis atau pilihan dalam memulai suatu blog seperti kerangka ide. Contohnya seperti ini : Niche Kesehatan, Niche Makanan, Niche Berita, Niche Property, Niche Bisnis Online, Niche Bisnis Otomotif atau pun Niche Kecantikan.

Sebelum memulai untuk menguasai SEO sebaiknya kita menentukan terlebih dahulu niche apa yang akan dibuat di website kita nantinya.

2. Tentukan Tema yang Responsive dan Cepat

web design responsive

Setelah kalian menentukan tema yang kalian inginkan, selanjutnya adalah mengentukan tema yang tepat, dalam beberapa update algoritma google terakhir, kecepatan website merupakan salah satu penentu peringkat sebuah website di mesin pencarian google.

  • Bagaimana cara mendapatkan Tema website?

Cara mendapatkan tema website yang responsive, cepat dan Seo Friendly adalah bisa dengan mendownload dari situs penyedia layanan tema ataupun dapat membelinya melalui marketplace. Selain diperoleh dengan cara berbayar, tema free dan responsive juga bisa didapatkan secara gratis di wordpress.

  • Bagaimana cara check Tema Responsive?

untuk mengecek kecepatan website google sudah menyediakan salah satu layanan yaitu google pagespeedinsight, yang mana surel ini bertugas menganalisa website kita apa sudah cukup baik dimata google.

3. Melakukan Research Keyword

Apa itu Reserach Keyword? Research keyword adalah proses pencarian keyword bervolume pencarian tinggi guna mendatangkan traffiic ke website yang kita miliki. Bagaimana cara melakukan pencariannya? google sudah menyediakan google keyword planner untuk membantu praktisi SEO dalam Melakukan Pencarian Keyword potensial yang memiliki jumlah pencarian besar.

keyword planner

Pertanyaan : Apakah kalau tidak melakukan research keyword, website kita ada pengunjungnya?

Jawaban : Tetap ada, karena research keyword ini berfungsi untuk melakukan analisa terhadap Target keyword apa yang kita inginkan masuk dalam pencarian. Karena semakin banyak keyword yang mendapatkan posisi bagus di google, maka akan semakin banyak traffic yang masuk.

4. Menu Navigasi dan Internal Link

Hal terpenting lainnya adalah dalam hal navigasi atau panduan dalam struktur website dan pembentukan internal link yang relevan pada suatu website. Navigasi ini seperti petunjuk pada jalan agar tidak tersesat.

panduan navigasi

Contoh : Membuat Menu Navigasi seperti Halaman Home, Kategori, Page secara mudah dan terstruktur guna membantu user atau pengunjung saat berada di situs yang kita miliki.

penggunaan struktur dan navigasi yang tepat akan membuat pengunjung betah berlama lama disitus yang kalian miliki karena antara satu artikel dan artikel lainnya saling berkaitan.

Penggunaan internal link dalam batas wajar ke artikel lain yang relevan juga memudahkan pengunjung dalam mengakses situs web kalian, dan tentunya merupakan hal positif yang disenangi google.

5. Menggunakan Bahasa yang mudah dipahami

Ini merupakan salah satu faktor penunjang dalam sebuah website yang mana penggunaan bahasa dan penulisan yang dipahami menjadi penting. Penggunaan bahasa yang ramping dan tidak berbelit belit membuat pengunjung senang, karena langsung pada inti pembicaraan.

Gunakan juga gambar yang menarik sebagai ilustrasi untuk memudahkan pengunjung dalam membayangkan apa yang dijabarkan melalui tulisan, jika memiliki video panduan akan lebih bagus lagi.

6. Backlink Atau Off Page SEO

Content is King, adalah jargon yang sering digaungkan oleh berbagai praktisi SEO di Indonesia, padahal apakah benar bahwa konten adalah raja? segalanya beracuan pada konten? Tentu saja benar tapi jangan lupakan Backlink. Analoginya seperti ini :

Ketika Seorang Raja memiliki program yang bagus tapi tidak memiliki dukungan dari rakyat, apakah raja tersebut akan dibilang memiliki konten yang bagus? Tidak.

Jadi Konten itu menjadi sangat penting juga tergantung dari sumber referensi orang lain, semakin banyak tautan yang mereferensikan konten yang kita miliki maka akan semakin baik dimata google. Tetapi jangan lupa, pendukung bayaran, pendukung spam ataupun manipulasi pendukung akan menjatuhkan reputasi suatu konten. Jadi Pendukung atau tautan yang naturan dan relevan yang memiliki power dan reputasi baik dimata google.

backlink untuk SEO

7. Traffic Social Signal

Hal ini juga merupakan salah satu hal paling penting untuk mengembangkan website sebagai SEO pemula, traffic atau pengunjung yang didapakan dari social media akan membantu google dalam menentukan peringkat untuk awal.

logikanya seperti ini : Ketika sebuah website belum memiliki peringkat di google, otomatis pengunjung organis belum akan berdatangan. Sedangkan salah satu peran penting google dalam menentukan posisi rank sebuah website adalah dari Bounce Rate yaitu berapa lama user berada dalam website tersebut.

Jadi social signal menjadi penting disaat web kita belum ada pengunjung nya, kemudian url kita share ke social media yang kita miliki seperti halnya facebook, twitter, Pinterest, dan lainnya guna mendatangkan traffic ke website yang kita miliki.

social signal
social signal traffic

8. Paid Traffic atau Iklan Berbayar

Selain menggunakan social media untuk mendapatkan traffic ke website yang kita miliki, penggunaan paid traffic atau iklan berbayar juga bisa dilakukan, berbagai macam paid traffic bisa digunakan untuk bertujuan mendatangkan pengunjung ke website yang kita miliki.

Berikut ini adalah contoh Paid traffic atau Iklan berbayar : Facebook ads, google ads, dan Instagram ads.

social media marketing

Demikianlah tadi informasi mengenai Panduan SEO untuk Pemula semoga dapat bermanfaat dan bisa menjadi acuan sobat ninja saat ingin mengembangkan sebuah website.  Tapi apabila sobat ninja enggan untuk ribet, bisa menghubungi Jasa SEO agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Leave A Reply

Your email address will not be published.