Dwi Hardany Saya adalah seorang penulis tentang kecantikan dan gaya hidup. Nulis iseng iseng aja yang penting seneng. hehe

Makanan Khas Suasana Lebaran Favorit Keluarga

2 min read

makanan untuk lebaran

Saat menjelang lebaran ibu rumah tangga sudah mulai mempersiapkan makan khas lebaran yang menjadi favorit keluarga. Tidak hanya keluar inti tetapi juga untuk keluarga besar yang nanti datang berkunjung.

Tahun 2020 ini lebaran yang anda jalani akan sedikit berbeda. Hal ini karena terdapat pembatasan pergerakkan berskala besar dan larangan mudik. Semua itu demi mencegah penularan virus covid 19 yang telah banyak memakan korban.

Anda bisa mengirimkan makan kepada keluarga dan kerabat. Tentu saja makan yang dikirimkan haruslah makan yang bisa bertahan lama. Seperti makanan khas Lebaran berikut ini.

  • Rendang

Masakan yang berasal dari Sumatra Barat ini telah menjadi makanan yang mendunia. Rasanya sesuai di hampir semua lidah yang mencicipinya. Tidak ada yang tidak menyukai rendang.

Ciri khas rasanya yang pedas dan gurih, telah mengalami adaptasi sesuai dengan daerah masing-masing. Hanya bahan dasar dan cara pengolahannya yang masih tetap sama. Ini membuat rendang menjadi makanan yang selalu ada saat lebaran.

Cara memasak rendang yang memerlukan proses pemanasan yang lama, membuat mikroorganisme yang ada di dalamnya mati. Rendang bisa bertahan hingga seminggu bahakan lebih jika sering dipanaskan kembali.

Anda bisa mengirimkan Makanan untuk Lebaran ini kepada keluarga yang jauh disana. Gunakan kemasan yang rapi dan tertutup rapat. Ini bisa membuat rendang semakin tahan lama karena mikro organisme dari luar tidak bisa masuk.

  • Makanan kering

Selain makan berkuah santan, saat lebaran biasanya disediakan makan kering yang menjadi teman makanan utama. Bisa berupa tempe kering, daging suir kering yang diberi bumbu, atau teri kering yang dimasak bersama kacang.

Makan ini relatif tahan lama. Anda bisa mengemasnya dalam toples cantik lalu mengirimkan kepada keluarga maupun kerabat yang tidak bisa mudik ke kampung halaman. Ini bisa menjadi pengobat rindu saat lebaran jauh di sana.

Kelebihan makan yang satu ini adalah anda tidak perlu lagi menghangatkannya. Makanan cukup disimpan di meja makan dan dapat di konsumsi kapan pun. Anda harus tahu selera penerima makanan yang di kirimkan.

  • Ayam ungkep

Daging merupakan makan yang selalu ada saat lebaran. Ada yang bersantan seperti gulai dan opor, ada juga yang kering seperti ayam ungkep ini. Cita rasanya pun sudah umum dilidah orang Indonesia.

Proses memasak Makanan untuk Lebaran yang satu ini, haruslah dilakukan dalam beberapa tahap. Pertama ayam dibersihkan lalu diberikan bumbu yang sesuai. Setelah itu daging ayam diungkep atau direbus dengan bumbu dan sedikit air.

Setelah air mengering dan bumbu meresap, angkat dan sisihkan daging ayam tadi. Biarkan dingin terlebih dahulu. Daging ayam yang setengah matang ini bisa dimasukan dalam lemari es dan digoreng saat dibutuhkan.

Daging ayam yang telah diungkep, dapat anda kemas dalam kemasan yang rapi dan rapat, lalu dikirimkan dengan pengiriman ekspres. Keluarga disana bisa menggoreng ayang yang telah diberi bumbu khas tadi, lebaran dengan cita rasa kampung halaman bisa dinikmati.

  • Camilan

Hidangan lebaran tidak semuanya berupa makanan berat, ada juga camilan yang bisa di nikmati saat santai berkumpul dengan anggota keluar yang ada. Camilan termasuk makanan yang tahan lama.

Ada beberapa jenis camilan yang wajib ada saat lebaran, seperti kue kering, kacang koreng, keripik dan makanan khas daerah masing-masing. Hadiah lebaran yang tepat saat jauh dari keluarga dan kampung halaman.

Semua itu bisa dikirimkan kepada keluarga yang tidak pulang kampung menggunakan jasa ekspedisi. Pastikan paket Makanan untuk Lebaran anda dikemas dengan baik, agar aman selama perjalanan dan sampai dalam keadaan utuh.

Jika anda tidak bisa mengemas dengan baik mintalah bantuan dari pihak ekspedisi, agar paket yang anda kirimkan tidak hancur dan rusak selama proses pengiriman. Cita rasa dan bentuk yang indah akan selalu terjaga.

Perayaan lebaran harus dilakukan secara berjauhan. Untuk silaturahmi dan pelepas rindu bisa dilakukan dengan media online, lalu rindu dengan masakan kampung halaman bisa diobati dengan makan yang dikirimkan melalui ekspedisi.

Walaupun berjauhan dan tidak bisa saling berjabat tangan, hadirnya Makan Lebaran bisa mengobati rasa kangen pada keluarga dan kampung halaman. Jadi tetaplah dirumah, jangan pulang kampung, ya.

Dwi Hardany Saya adalah seorang penulis tentang kecantikan dan gaya hidup. Nulis iseng iseng aja yang penting seneng. hehe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *