Cara merawat Cat Motor dan Mobil tanpa ke salon.

Mobil dan motor, merupakan kendaraan sekaligus sebagai cerminan dari pemiliknya, anggaplah menjadi kebutuhan pokok sekaligus fashion dari sang empunya kendaraan. Cat mobil dan Motor yang paling sering dilirik oleh kebanyakan orang, bagaimana sih caranya agar penamilan kendaraan kita tetap cantik? dan bagaimana cara merawat cat mobil kita agar tetap terlihat sempurna?

Pada dasarnya cara merawat cat itu tidak sulit, bahkan saya bisa dibilang sangat mudah. Tetapi,tidak dipungkri dari sekian banyak pengguna, banyak yang hanya mengandalkan mencuci biasa.

“Biar buluk asal mesin joss” ini merupakan jargon yang sering kita temui di semua kalangan pemilik kendaraan bermotor, Ini pengalaman sekaligus guru yang buruk, mengandalkan jargon dari kata tersebut membuat dari kebanyakan orang lebih fokus terhadap mesin.

Kesalahanya, Ada hal lain yang sangat penting tetapi di kesampingkan dalam perawatan kendaraan beromotor, yakni mengabaikan perawatan body.

Pada kenyataannya, merawat cat mobil agar tetap mengkilap tidak dilakukan, hanya mengandalkan dari performa mesin. Faktanya, ketika mengendarai motor maupun mobil dalam kondisi mengkilap akan jauh lebih percaya diri, Lebih elegan, dan lebih nyaman.

Analoginya seperti ini, meskipun hanya motor tua, apabila mesin sehat dan terawat kemudian bodi mulus pasti akan tampak elegan dan menarik dibandingkan mobil dalam keadaan keluaran baru, tetapi kondisi bodi baret, kusam, banyak jamur dan kotor pasti gak pede deh.

Tetapi hal ini tidak akan menjadi perdebatan antara kita ya,semua saya kembalikan ke keputusan anda.

Cara memelihara cat pada motor dan mobil

Butuh alasan khusus untuk merawat cat? Atau belum tau cara memelihara cat mobil dan motor anda? Bagi sebagian orang memilih merawat kendaraanya ke salon mobil atau bahkan tidak merawat bodinya sama sekali karena dianggap tidak penting.

Karena mungkin membutuhkan biaya yang tidak sedikit untuk membayar biaya salon, tetapi terkadang alasan waktu juga yang tidak memungkinkan. Apapun alasannya, tetapi yang akan saya tegaskan bahwa memelihara cat itu sangat penting.

Taukah anda bahwa kerusakan bodi justru lebih mahal dibandingkan dengan perbaikan mesin?

Pemeliharaan cat justru dapat dilakukan di rumah, sedangkan perbaikan mesin justru harus pada ahlinya.Tetapi justru sebagian orang mengabaikan.

Tetapi tidak menjadi masaah, Saya akan bedah sedikit alasan yang mengharuskan kita untuk tetap peduli terhadap cat dan merawatnya baik melalui jasa salon mobil, atau salon motor.

Fakta menarik, perbaikan body kendaraan akan relative jauh lebih mahal dibandingkan dengan perawatan mesin, cek saja harga painting motor bebek dengan mono color di bandrol sekitar Rp.400 Ribuan hingga Rp.600 Ribuan.

Bagaimana dengan full painting air brush, pastinya akan jauh lebih mahal bahkan bisa mencapai nominal jutaan.

Sekarang apabila dibandingkan dengan biaya tune up mesin motor bebek, saat ini untuk biayanya hanya sekitar, Rp.70ribu-an sudah include oli mesin, bahkan untuk ukuran mengganti part piston hanya sekitar Rp.150.000 Ribuan saja.

Apa yang membedakan dari dua hal tersebut?

Yang menarik adalah merawat cat dan bodi justru bisa dilakukan sendiri dirumah,d an perbaikan mesin justru lebih harus ke bengkel.

Dari aktifitas tersebut, perawatan bodi justru lebih mahal. Kenapa tidak dilakukan dirumah saja? Ok, saya akan bahas lengkap Tips merawat cat mobil dan motor. Merawat cat adalah hal ini bisa dilakukan dengan mudah dirumah berikut ini ulasannya.

2 Jenis cat mobil dan motor dan tips perawatnya

Kita sepakati dulu, ”Salah satu yang mempengaruhi harga mobil murah “ adalah bodi yang kusam dan tidak terawat. Kesalahan besar apabila hanya mementingkan mesin,dan sangat tidak elok apabila tidak merawat keduanya.

Ada dua jenis cat yang umum digunakan, yakni cat mobil warna mengkilap dan cat mobil warna doff. Cara memeliharanya juga berbeda, tidak bisa kita samakan. Hal Ini akan menjadi fatal pada pengaplikasianya.

Betapa pentingnya cat kendaraan, selain sebagai fashion dan kebutuhan pokok (agaplah iya) , juga menjadi daya tarik tersendiri ketika akan di jual kembali. Apa kata calon pembeli ,”Barangnya mulusss”! Jika mengkilap dan bersih dari ujung ke ujung, Atau “Barangnya acurr”. Dan sudah pasti keduanya akan sangat berpengaruh terhadap harga,dan berikut beberapa tips dan cara merawat cat kendaraan.

Tips merawat cat motor dan mobil

Simak baik baik ya, beberapa tips untuk menjaga kualitas cat kendaraan anda. Disela sela liburan atau #Dirumahaja kan bisa perwatan mobil tanpa harus ke salon.

Dan yang termudah dengan hasil maksimal terbebas dari permasalahan cat. Langsung saja nih simak yak.

cat mobil dan motor

Cara agar Cat tetap mengkilap

Bagaimana merawat cat agar tetap terlindungi dan mengkilap, tidak perlu berlebihan untuk masuk salon setiap minggu cukup dengan lakukan beberapa hal dibawah akan mampu memelihara warna cat motor maupun mobil.

  • Tidak mengosok atau mengelap mobil ketika berdebu.

Seperti kontradiksi gitu, bagaimana menjaga cat agar tetap bersih dan mengkilap malah tidak menganjurkan tidak membersihkanya.

Jadi begini, ketika debu atau butiran pasir lembut yang menempel pada kendaraan dan di lap maka disana terdapat gesekan. Jadi, butiran tersebut di tekan dan tergosok melalui lap tersebut dampaknya, mungkin tidak secara signifikan secara langsung tapi ini adalah kesalahan umum yang biasa terjadi.

Ketika hal tersebut dilakukan maka bodi motor atau mobil akan terlihat baret / garis halus. Cara ceknya mudah, anda bisa melihat dari samping mengarah kedepan, Maka akan terlihat deh bentukan spider webs akibat dari debu ketika di lap.

Tipsnya adalah cuci terlebih dulu permukaan body mobil atau motor sebelum mengelapnya, karena ketika dicuci, gesekan langsung antara debu dan bodi dapat di tekan oleh shampo.

Jika tidak memungkinkan, gunakan kemonceng untuk membersihkan debu dan jangan gunakan kain lap untuk permukaan body yang berdebu dan dalam kondisi kering.

  • Ke Salon otomotif

Dan yang kedua, adalah dengan selalu melakukan perawatan ke salon melakukan poles atau wax untuk menghilangkan jamur yang menempel. Poles selain menghiangkan jamur juga mampu mengatasi cat kusam / busam juga mampu menghilangkan spider webs.

Ada beberapa tempat yang sangat sering terjadi goresan, kuram yang cukup menjadi perhatian, seperti Handle buka pintu mobil, area bumper belakang, bumper depan.

Sedangkan yang rawan jamur,Dibawah spion,kaca dan lain sebagainya.

  • Rajin mencuci

Ini berlaku untuk semua jenis kendaraan supaya kondisi bodynya tetap mulus dan mengkilap. Perawatan cat paling mudah adalah dengan mencucinya tetapi minimalisir penggunaan sabun. Kesalahan yang sering terjadi adalah menyimpan motor maupun mobil tanpa mencucinya terlebih dulu setelah kehujanan dan bisa mengakibatkan korosi pada besi atau biasa disebut dengan karat.

Ini terlihat sepele, namun hal ini selain mengundang karat pada bagian yang berbahan besi juga mampu menimbulkan potensi jamur pada cat yang membuat kusam.

Setelah mencuci anda dapat menggunakan wax atau kit semprot untuk menghindari tumbuh jamur. Biasakan mengunkan kain lap yang halus.

Tips agar kaca tidak berjamur

Merawat kaca mobil tidak berjamur yang terpenting adalah selalu lap sampa kering ketika setelah cuci maupun kehujanan.

Itulah beberapa tips memelihara cat mobil agar tetap mengkilap yang paling sederhana dan dapat dilakukan di rumah. Seperti yang telah saya tulisakan diatas, ada dua jenis cat mobil mengkilap dan warna dop/doff.

Cara menanganinya berbeda, jika pada mobil metalik bisa menggunakan obat polesing agar lebih mengkilap hal ini tidak berlaku untuk kendaraan dengan cat warna doff.

Tips merawat motor dan mobil cat doff

Cara agar cat doff tidak memudar memang sedikit lebih sulit dengan jenis type cat mobil glossy. Pasalnya pada jenis ini apabila sudah kusam tidak dapat di poles. Ada beberapa alasan memilih unit yang berwarna matte atau doff.

Tahan terhadap kotor, perawatanya mudah, dan kenyataannya semua berbanding tebalik.

Bisa kita amati atau langsung anda test pada motor atau mobil kesayangan anda yang berwarna dop, jurstru akan lebih sulit dalam memeliharanya.

Ketika tergores akan lebih sulit menanganinya,jika pada warna mengkilap tergores dan busam dapat cukup dengan poles menggunakan compound atau wax sudah bisa kembali lagi.

Untuk warna doff tidak dapat di perlakukan treatment yang serupa. Menangani cat dop yang tergores tidak ada pilihan lain kecuali dengan painting ulang.

Sifatnya lebih rentan memudar 2 Kali lebih cepat di bandingkan dengan cat gloss menuntut penggunanya paham dengan penanganan tepat serta merawatnya

Tips memelihara cat dop

  • Memarkir kendaraan di tempat yang teduh agar tidak cepat memudar.
  • Menggunakan shampoo dengan kandungan PH netral atau Shampo khusus dop.Tidak di anjurkan menggunakan deterjen.
  • Tidak mengunakan obat poles sembarangan,harus menggunakan obat poles water based bukan oil based.
  • Hindari terkena minyak,poles mesin karena dapat menyebabkan efek dof memudar.

Cara menghilangkan bintik hitam dan kasar pada cat mobil

Pernahkah anda sadar bahwa akan sangat banyak sekali aspal menempel ke body motor atau mobil?

Sadar atau tidak, sejauh yang pernah saya temukan adalah hampir semua mobil mengalami permasalah cat seperti ini. Terutama pada bagian area bawah, “Itu aspal”. Apa bisa di poles?
Tidak bisa sama sekali, langkah poles tidak akan membuahkan hasil sehingga tidak merubah apapun karena menempel sangat kuat kecuali dengan cara khusus.

Bagaimana jika di amplas, langkah ini mungkin akan mengangkatnya.. tetapi permasalahnya cat juga akan ikut memudar atau rusak.

Membutuhkan cara khusus yang sangat mudah ,hal ini sudah saya tulis pada artikel saya sebelumnya.

Itulah beberapa cara dan tips merawat cat mobil maupun motor yang cukup penting dalam memelihara tetap mengkilap dan awet doffnya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.