Achmad Imran Fauzi Saya adalah seorang praktisi Digital Marketing Indonesia. Penulis dan Youtuber pemula.

Cara Cek Plagiarisme Lolos Copyright Secara Online dan Gratis

2 min read

cara cek copyright secara online

Cara Cek Plagiarism Lolos Copyright Secara Online dan Gratis perlu Anda ketahui. Dalam industri tulis menulis, keaslian karya sangat perlu diperhatikan karena berhubungan dengan copyright atau hak cipta. Pelanggaran hak cipta bisa berakibat fatal baik secara materi maupun kredibilitas.

Kebiasaan menyalin dan menempel tulisan yang ada di internet dalam proses penulisan merupakan kegiatan plagiasi. Aktivitas ini menjadi cikal bakal pelanggaran hak cipta. Tidak hanya di industri tulis menulis saja tetapi juga di ranah akademik. Bagi Anda yang sedang mengerjakan skripsi, tentu tidak asing dengan keharusan menghindari plagiasi.

Anda dituntut untuk menghasilkan tulisan yang berasal dari gagasan Anda. Bukan sekadar mencomot dari berbagai referensi lalu menulisnya tanpa proses parafrase atau perujukan. Oleh sebab itu, Anda perlu memastikan apakah tulisan Anda sudah terbebas dari plagiasi.

Saat ini ada banyak cara cek plagiarisme secara online dan gratis. Kehadiran berbagai situs cek plagiarisme tentu memudahkan Anda. Hasil analisisnya pun bisa digunakan sebagai bukti keaslian tulisan. Penasaran apa saja situs-situs yang dapat membantu Anda? Yuk, ikuti ulasan di bawah.

Situs Cek Plagiarism dan Cara Menggunakannya

  • Plagiarisma.net

Situs cek plagiarisme pertama yang bisa Anda coba adalah Plagiarisma. Kelebihan situs ini salah satunya adalah bisa mendeteksi tulisan dari bermacam-macam bahasa. Di situsnya, plagiarisma mengklaim mampu memproses 190 bahasa.

Cara cek plagiarisme menggunakan plagiarisma cukup mudah. Pertama, salin lah tulisan yang ingin dicek. Setelah itu, tempel tulisan di kolom yang tersedia. Cara lainnya, Anda bisa mengunggah file tulisan yang akan dicek. Situs ini tersedia untuk berbagai format dokumen mulai doc, docx, pdf, txt, rtf, epub, odt, xls, xlsx, fb2, pdb, hingga html.

Penggunaan secara gratis di situs ini hanya dapat mendeteksi 5000 kata. Agar dapat mengecek lebih banyak, Anda perlu berlangganan versi premium.

  • Duplichecker.com

Dupli Checker memiliki beberapa fitur salah satunya untuk mengecek plagiasi pada tulisan. Tampilan dupli checker sangat ramah pengguna. Ketika membuka situs ini, Anda langsung dihadapkan pada kolom tempat menempel tulisan yang akan dicek.

Pilihan lainnya, Anda bisa mengunggah dokumen tulisan dalam fromat tex, txt, doc, docx, odt, pdf, dan rtf. Dalam sekali cek, Anda hanya diperbolehkan memasukkan 1000 kata. Tapi tenang saja karena situs cek plagiarisme ini bisa Anda manfaatkan sampai 50 kali sehari secara gratis.

Sederhana bukan cara cek plagiarisme menggunakan situs dupli checker.

Laporan hasil analisis dupli checker dapat diunduh dalam bentuk file. Format yang tersedia ada pdf dan doc. Dokumen laporan ini bisa Anda gunakan sebagai bukti bahwa tulisan Anda benar-benar lolos plagiasi dan tidak terkena copyright.

  • Prepostseo.com

Cara cek plagiarisme selanjutnya menggunakan bantuan situs prepostseo. Situs ini cocok digunakan untuk mengecek tulisan berbentuk artikel. Setelah berhasil masuk ke situs, pilih menu plagiarism checker. Lalu salin tulisan atau unggah file tulisan yang ingin Anda cek tingkat plagiasinya.

Hasil analisis akan menunjukkan kalimat mana dalam tulisan Anda yang plagiat. Anda bisa menelusuri situs sumber kalimat tersebut berasal. Sebelum mengecek tulisan, pastikan Anda mendaftar terlebih dahulu menggunakan alamat email. Setelah itu prepostseo bisa digunakan secara gratis kapan saja.

  • Smallseotools.com

Situs yang satu ini dikenal mudah digunakan. Meskipun tidak membuat akun, Anda tetap bisa memanfaatkannya. Cara cek plagiarisme menggunakan smallseotools tidak lah rumit. Cukup isi kolom yang tersedia dengan tulisan yang akan Anda cek. Bisa dengan menempel tulisan atau mengunggah filenya.

Setelah mengklik tombol “check plagiarism”, muncul persentase keaslian tulisan Anda. Tulisan yang dianggap plagiat ditandai dengan garis bawah. Anda bisa mengunduh hasil analisis smallseotools dengan cara mengopi link yang tersedia. Link yang didapat bisa disertakan dalam tulisan sebagai bukti lolos copyright.

Keempat situs di atas membantu memeriksa tulisan Anda dari kemungkinan plagiasi. Anda tidak boleh mengabaikan persoalan plagiasi karena berkaitan dengan nama baik. Setelah membaca tulisan ini, Anda tidak perlu lagi kebingungan soal cara cek plagiarisme. Selamat mencoba.

Achmad Imran Fauzi Saya adalah seorang praktisi Digital Marketing Indonesia. Penulis dan Youtuber pemula.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *