Achmad Imran Fauzi Saya adalah seorang praktisi Digital Marketing Indonesia. Penulis dan Youtuber pemula.

Backlink : Pengertian, Jenis, Contoh, Cara membuat dan Fungsi nya Untuk SEO

2 min read

backlink untuk SEO

Backlink adalah sebutan untuk menamakan tautan yang mengarah dari website lain menuju website yang kita miliki. Backlink dapat digunakan search engine seperti google untuk menelusuri dan mengecek kualitas sebuah situs. Mitos nya semakin banyak backlink yang dimiliki sebuah situs maka akan semakin bernilai situs tersebut di mata google dan semakin baik juga peringkat situs tersebut di google.

Tapi apakah semua backlink tersebut bermanfaat dan berguna untuk Seo google? Jawabannya adalah Tidak !
Menurut Neil Patel Backlink yang baik adalah backlink yang dibuat secara natural dan bersifat mereferensikan tidak di sendiri oleh pemilik website tersebut secara spam baik menggunakan tools ataupun secara manual. Tetapi pada kenyataan nya tidak seperti itu, banyak penjual yang menawarkan jasa pembuatan backlink authority, wiki maupun backlink web 2.0 dan masih cukup laris dipasaran.
Berikut ini adalah berbagai macam jenis backlink yang perlu kamu ketahui:

1. Backlink Authority

Apa yang dimaksud dengan backlink authority? Backlink ini adalah backlink yang diperoleh atau dibuat di situs yang memiliki authority tinggi misalnya : microsoft.com
Berikut ini adalah 500 list domain backlink authority yang bisa kalian gunakan untuk membuat backlink ke situs kalian :
Download disini

2. Backlink Web 2.0

Web 2.0 apakah itu? Apakah kalian sudah mengenal mengenai web 2.0? bagaimana cara membuat backlink dari web 2.0? Saya akan menjawab satu persatu mengenai backlink ini. Web 2.0 adalah situs yang bisa dibuat secara gratis baik menggunakan subdomain atau private directory dan menumpang pada domain utama.

Contoh nya : Blogger, wordpress, cabanova, aircus, tumblr, doodlekit dan masih banyak lagi list web 2.0 yang bisa kalian gunakan untuk membuat backlink dan memberikan referensi kepada situs yang kalian miliki. Apakah masih memiliki power dan score? Jawabannya adalah masih dengan ketentuan setiap web 2.0 yang kita buat sesuai dengan kaidah yang memang diperlukan.

Bagaimana kriteria web 2.0 itu tidak masuk dalam kategori spam?

  • Web 2.0 yang dibuat di isi dengan konten yang berkwalitas, tidak menggunakan spinner atau tools lainnya.
  • Buat web 2.0 sebaik mungkin, penggunaan tema yang baik dan juga diperlukan. Perlakukan web 2.0 seperti moneysite.
  • Buat backlink se natural mungkin dalam artikel, tautkan juga ke website yang sudah memiliki authority tinggi.

Berikut ini adalah list backlink web 2.0 yang bisa kamu download disini : List backlink web 2.0

3. Backlink Profile

Backlink profile ini termasuk dalam kategori backlink yang paling mudah untuk dibuat, efek nya juga cukup baik untuk menaikan reputasi website dimata google. Contoh nya : Ketika kamu memilki akun facebook, twitter, instagram dan pinterest.

Kamu bisa menambahkan link url website kamu di social media yang tersedia tersebut. Isi konten secara baik dan natural di social media yang kamu miliki, pastikan niche yang dimasukan juga sesuai antara niche website dengan niche social media. Agar pengunjung yang masuk dari social media tersebut merupakan pengunjung yang tertarget.

ketika kamu memiliki website dengan Niche Makanan, maka buatlah soscial media account dengan niche yang sama atau related nya. Jadi ketika situs yang kamu kedatangan traffic dari social media mereka akan betah berada di dalam situs karena situs memiliki keterkaitan yang baik.

Selain jenis backlink profile social media, ada juga jenis profile forum yang bisa kalian buat secara manual guna menaikkan Domain Authority website yang kita miliki, dibawah ini adalah contoh backlink Profile forum yang bisa kalian download :

4. Backlink Comment / Komentar

Backlink komentar ini merupakan jenis backlink yang paling sering di salahgunakan dan terindikasi SPAM. Banyak tools yang bisa membuat backlink sejenis ini dengan mudah dan sangat cepat contohnya : GSA SER (Search Engine Ranker).

Dengan tools ini bisa membuat backlink komentar di website yang di scrape dengan mudah sampai dengan 10.000an backlink komen dalam waktu 1 jam.

Oleh karena itu, saat ini banyak para blogger yang menutup kolom komentar pada situs nya untuk mengantisipasi kerjaan para spammer ini. Pada awal tahun 2010an blog walking masih kerap dilakukan untuk mendapatkan traffic dan tautan dari situs yang dikunkungi, tetapi saat ini cara ini sudah sangat tidak efektif.

Demikian informasi seputar backlink mulai dari pengertian, jenis dan contoh backlink yang bisa kalian download. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk website utama kalian dan dapat menunjang ranking website kalian di google. Jangan lupa share ke social media kalian ya.

Achmad Imran Fauzi Saya adalah seorang praktisi Digital Marketing Indonesia. Penulis dan Youtuber pemula.

One Reply to “Backlink : Pengertian, Jenis, Contoh, Cara membuat dan Fungsi…”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *