5 Tips Sukses Berbisnis Kuliner di Tengah Persaingan

Akhir-akhir ini bisnis makanan atau pun kuliner menjadi primadona. Siapa sih yang tidak doyan kuliner? Manusia pasti membutuhkan makanan setiap hari, jadi bisnis kuliner selalu banyak peminat. Nah, dalam memilih bisnis kuliner kamu tidak boleh latah dengan makanan yang lagi hits saat ini. Mengikuti trend makanan yang digemari memang penting dalam bisnis kuliner, tapi jika kamu hanya sekedar ikut-ikutan tanpa punya strategi, bisnis kuliner kamu bisa saja tidak bertahan lama. Simak yuk lima tips sukses berbisnis kuliner berikut ini, agar usaha kamu bisa jaya di tengah persaingan. 

1. Lakukanlah Riset Terlebih Dahulu Perihal Makanan Yang Lagi Hits Saat Ini, Dan Rencanakan Strategi Berbeda Untuk Bisa Bersaing Dengan Kompetitor.

Bisnis kuliner selalu penuh dengan persaingan. Coba lihat deh di sepanjang jalan atau tempat-tempat nongkrong, pasti didominasi dengan sajian kuliner. Karena sengitnya persaingan kamu harus melakukan riset sebelum memulai bisnis yang satu ini. Banyak media yang bisa kamu gunakan untuk melakukan riset. Mengikuti seminar, bergabung dengan komunitas  adalah cara paling efektif untuk melakukan riset. Kamu bisa belajar dari orang-orang yang  bisnis kulinernya sudah berhasil. Kamu juga bisa berbagi tips dengan mereka. Intinya, lakukan riset sedetail mungkin.

perencanaan yang matang

2. Perencanaan Yang Matang Perihal Modal dan Pembiayaan Wajib Dilakukan Sebelum Bisnis Jalan

Bisnis tidak akan bisa jalan tanpa modal. Rencanakanlah secara matang berapa budget yang akan kamu gelontorkan untuk mengelola bisnismu. Persiapkan modal usaha hingga beberapa bulan kedepan, karena yang namanya bisnis tidak mungkin bisa langsung untung. Kamu bisa melakukan konsultasi dengan orang profesional perihal mengelola keuangan saat merintis bisnis.

3. Menentukan Lokasi  Merupakan Hal Terpenting Sebelum memulai Usaha Kuliner

Seenak dan semurah apapun makanan yang akan kamu sajikan, kemungkinan tidak akan berhasil jika tempatnya tidak strategis. Sebelum kamu memulai usaha kuliner carilah tempat yang sangat strategis dan dekat dengan keramaian. Coba perhatikan lokasi tempat-tempat nongkrong yang banyak pengunjung. Pasti berada di lokasi yang strategis dengan dekorasi yang kekinian.

4. Perhatikan Harga, Kualitas Rasa Dan Utamakan Kepuasan Pelanggan

Selain makanan yang enak, harga juga menjadi pertimbangan orang sebelum menentukan tempat untuk makan. Kamu harus menawarkan rasa yang lezat dan harga yang bersahaja sebagai kesan pertama pelanggan.

Ketika pelanggan puas dengan rasa dan harga, mereka akan merekomendasikan tempat kamu ke orang-orang. Apalagi saat ini sosial media memiliki pengaruh yang sangat besar untuk promosi. Gak kebayangkan bisnis kulinermu akan  hits jika  viral di sosial media karena rasa, harga dan layanan yang memuaskan.

5. Buatlah Promo Dan Tawaran Diskon Untuk Menarik Perhatian Pelanggan 

Kamu bisa memanfaatkan promo ataupun diskon untuk menarik perhatian pelanggan. Promo sangat dibutuhkan pada saat kamu merintis bisnis termasuk kuliner. Diskon lima puluh persen untuk pembelian kedua, atau mendapatkan makanan gratis jika mengikuti sosial media bisnis kamu, layak ditawarkan untuk menggaet pelanggan. Kebanyakan orang tertarik datang ke sebuah tempat makan karena promo ataupun diskon yang ditawarkan.

Sebenarnya masih banyak tips agar sukses dalam bisnis kuliner, nanti kita bahas dia artikel berikutnya ya. Perlu kamu ingat, sebanyak apapun tips yang sudah kamu jalankan tetap tergantung dari kerja keras dan komitmen kamu dalam berbisnis. Intinya harus berani ambil resiko, itulah salah satu kunci dari orang orang yang sudah berhasil di dunia bisnis.

Leave A Reply

Your email address will not be published.